3,4 Juta Penyalahguna Coba Pakai Narkoba Didominasi Remaja

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) menggelar Concentration Team Discussion (FGD) bersama beberapa stakeholder terkait, dalam mewujudkan sinergitas antar lembaga dalam upaya P4GN.

Diketahui, intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) menjadi salah satu method unggulan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam mendompleng upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Indonesia.

Dalam method ini, BNN menggaet seluruh stakeholder serta komponen masyarakat untuk terlibat dalam upaya P4GN hingga tingkat pedesaan.

Kegiatan FGD yang berlangsung di Jakarta tersebut dititikberatkan pada permasalahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan remaja. Karena, remaja dianggap rentan terhadap penyalahgunaan narkoba, mengingat angka coba pakai penyalahgunaan narkoba yang cukup tinggi, yakni 57 persen dari whole penyalahgunaan narkoba.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memaparkan, 23 persen penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) merupakan pelaku pencurian, 17,8 persen lainnya terjerat tindak pidana narkotika, diikuti dengan kasus asusila sebanyak 13,2 persen. KPAI juga membeberkan hasil survei terhadap kasus penyalahgunaan

Read More